postimage2

Cara Agar Tetap Produktif dan Tetap Taat Pajak Meski Jalankan Work From Home

Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini memang ada banyak hal yang membuat kita sulit untuk melakukan aktivitas. Tidak hanya untuk berlibur, tapi untuk bekerja yang sudah menjadi rutinitas, membuat kita harus menjalankannya di rumah dengan konsep Work From Home (WFH). Bekerja di rumah atau work from home ini memang mau tak mau harus dilakukan untuk menghindari penularan virus corona yang berbahaya. Tapi sayangnya ketika konsep work from home ini diterapkan, membuat banyak pekerja yang tidak bisa produktif. Hal ini dikarenakan mereka yang belum terbiasa dengan aktivitas bekerja di rumah. Tidak hanya tidak produktif bekerja, mereka yang menjalankan work from home ini juga kesulitan melakukan hal lain seperti membayar pajak. Dari sini bagaimana caranya agar Anda sebagai pekerja tetap bisa produktif dan bisa membayar pajak ketika menjalankan WFH? Berikut informasinya.

          1. Hindari Distraksi

Cara pertama untuk tetap produktif meski harus menjalankan work from home adalah dengan menghindari distraksi atau gangguan. Bekerja di rumah memang membuat Anda akan menjumpai banyak distraksi yang dapat mengganggu fokus atau konsentrasi saat bekerja. Ketika Anda terganggu dan tidak bisa fokus dalam bekerja, tentu produktivitas Anda akan menurun. Maka dari itu agar Anda bisa fokus dan berkonsentrasi dalam bekerja di rumah tanpa gangguan, mau tak mau Anda harus bisa menghindari distraksi. Distraksi atau gangguan di rumah sendiri ada banyak macamnya seperti televisi, anak-anak dan lainnya. Jangan lupa juga Anda juga perlu menjauhi smartphone yang juga bisa menjadi pengganggu nyata ketika menjalankan WFH. Dari sini agar Anda tak terganggu dengan beberapa distraksi tadi, pastikan Anda untuk menjauhinya.

         2. Hadirkan Ruangan Khusus untuk Bekerja

Untuk bisa terhindar dari gangguan dan distraksi yang ada di rumah yang dapat menurunkan konsentrasi bekerja, maka Anda memang membutuhkan ruangan khusus. Ruangan khusus untuk bekerja ini akan sangat membantu Anda menjalankan work from home ini dengan baik. Sebab dengan ruangan khusus tersebut maka Anda akan fokus dalam bekerja. Apalagi bila Anda menempati ruangan khusus bekerja ini di bagian atau lantasi atas dari rumah, maka akan semakin baik untuk Anda bisa mencapai produktivitas dalam WFH ini. Ruangan di lantai atas dari rumah yang tenang pastinya akan membuat Anda semakin terhindari dari distraksi atau gangguan. Agar kamu lebih nyaman saat bekerja di ruangan khusus ini cobalah juga untuk membuat pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu usahakan jangan sampai ada kasur yang berada di ruangan karena bisa membuat Anda terlena.

          3. Tetapkan Target Setiap Hari

Berikutnya, cara agar tetap produktif ketika menjalankan work from home adalah dengan menetapkan target setiap harinya. Menetapkan taget ini memang sangat penting untuk Anda ketika bekerja di rumah. Sebab, ketika target ditetapkan maka Anda akan selalu terpacu untuk selalu produktif menyelesaikan pekerjaan. Tapi bila Anda tidak menetapkan target maka akan sulit bagi Anda untuk bisa produktif karena tidak adanya tuntutan untuk bekerja dengan serius. Penetapan target ini memang bisa membuat Anda terpacu untuk terus bersemangat menyelesaikan pekerjaan. Supaya Anda bisa terus produktif maka pastikan untuk menetapkan target ini setiap hari dan kalau bisa dengan target yang tinggi. Sebab dengan target yang tinggi ini maka setidaknya kamu bisa menyelesaikan pekerjaan di rumah yang selalu baik setiap harinya.

          4. Manfaatkan Teknologi

Terakhir, cara agar tetap produktif dan bisa tetap taat pajak adalah dengan memanfaatkan teknologi. Pekerjaan di kantor memang bisa kemudian dikerjakan di rumah dengan konsep work from home karena adanya teknologi yang mendukungnya. Dari teknologi yang memungkinkan pekerja untuk terhubung secara daring atau online inilah maka pekerjaan pun bisa dilakukan di rumah. Tidak hanya untuk berkomunikasi, tapi teknologi daring ini juga memungkinkan pekerja dari rumah untuk saling mengirimkan dokumen pekerjaan hingga melakukan meeting dengan video conference.

Selain menjalankan pekerjaan secara online, keberadaan teknologi ini ternyata juga dapat membantu Anda untuk tetap taat pajak di tengah pandemi Covid-19. Saat wabah virus corona ini muncul memang membuat masyarakat dianjurkan untuk tak keluar rumah bila tidak ada urusan penting. Dari sinilah maka banyak orang yang kemudian merasa sulit untuk melaporkan dan membayar pajak. Tapi dengan adanya teknologi, Anda tetap bisa melaporkan dan membayar pajak dari jarak jauh. Caranya manfaatkan saja platform website https://www.taatpajak.com/ . Dengan memanfaatkan platform dan aplikasi tadi maka Anda bisa melakukan pelaporan dan pembayaran pajak ini secara online tanpa harus keluar rumah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s